import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.text.DecimalFormat;
class soal extends JFrame{
JLabel lbl_bil=new JLabel("Bilangan"),
lbl_pangkat=new JLabel("Pangkat"),
lbl_hasil=new JLabel("Hasil");
JTextField txt_bil=new JTextField(),
txt_pangkat=new JTextField(),
txt_hasil=new JTextField();
JButton hitung=new JButton("Hitung"),
clear=new JButton("Clear");
soal() {
super("Aplikasi Sederhana Hitung Pangkat");
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setResizable(false);
this.setLocation(530,300);
setSize(400,200);
txt_hasil.setEnabled(false);
txt_hasil.setBackground(Color.GRAY);
clear.setEnabled(false);
lbl_bil.setBounds(20, 10, 100, 20);
txt_bil.setBounds(190, 10, 40, 25);
txt_bil.setFont( new Font( "Arial" , 1 , 14 ));
lbl_pangkat.setBounds(20, 40, 150, 20);
txt_pangkat.setBounds(190, 45, 40, 25);
txt_pangkat.setFont( new Font( "Arial" , 1 , 14 ));
lbl_hasil.setBounds(20, 70, 150, 20);
txt_hasil.setBounds(130, 75, 100, 30);
txt_hasil.setFont( new Font( "Arial Black" , 1 , 18 ));
hitung.setBounds(130, 115, 100, 30);
clear.setBounds(280, 10, 80, 25);
txt_bil.setHorizontalAlignment(txt_bil.RIGHT);
txt_pangkat.setHorizontalAlignment(txt_bil.RIGHT);
txt_hasil.setHorizontalAlignment(txt_bil.RIGHT);
txt_bil.setToolTipText("Silahkan Masukkan Bilangan disini");
txt_pangkat.setToolTipText("Silahkan Masukkan Pangkatnya disini ya");
hitung.setToolTipText("Klik untuk melihat hasilnya");
clear.setToolTipText("Klik untuk membersihkan kolom");
hitung.addActionListener(new ActionListener() {
private String a;
private String b;
public void actionPerformed(ActionEvent e){
a = txt_bil.getText();
b = txt_pangkat.getText();
if (a.equals("") && b.equals("")){
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Upz, kolom tidak boleh kosong","Peringatan",WIDTH);}
DecimalFormat df = new DecimalFormat();
df.setMaximumFractionDigits(0);
double x=Double.parseDouble(txt_bil.getText());
double y=Double.parseDouble(txt_pangkat.getText());
double z;
z = Math.exp(y*Math.log(x));
txt_hasil.setText(""+df.format(z));
txt_hasil.setBackground(Color.darkGray);
clear.setEnabled(true);
}
}
);
clear.addActionListener(new ActionListener(){
public void actionPerformed(ActionEvent e) {
txt_bil.setText("");
txt_pangkat.setText("");
txt_hasil.setText("");
txt_hasil.setBackground(Color.GRAY);
}
});
getContentPane().setLayout(null);
add(lbl_bil); add(txt_bil);
add(lbl_pangkat); add(txt_pangkat);
add(lbl_hasil); add(txt_hasil);
add(hitung); add(clear);
setVisible(true);
}
}
public class soal_4 {
public static void main(String[] args){
new soal();
}
}
Senin, 17 Maret 2014
java
0 Response to "Contoh Aplikasi sederhana menghitung pangkat suatu bilangan pada java GUI"
Posting Komentar